Windows 7 Platform 32-Bit & 64-Bit

Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.[2] Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober
2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal. Windows 7 didesain dengan fitur baru dan peningkatan performa dari Windows Vista.

Microsoft menawarkan beberapa versi windows 7. Untuk dapat menentukan mana yang cocok buat pengguna, dijelaskan beberapa feature yang terdapat dalam setiap versinya.

Windows 7 Starter Edition
Versi ini hanya ditawarkan secara pre-installed oleh OEM (Original Electronic Manufacture). Oleh karenanya ia hanya akan tersedia melalui kanal OEM, pada komputer-komputer PC baru jenis tertentu saja.

Windows 7 Home Basic
Versi ini akan disediakan hanya untuk negara-negara berkembang, di mana konsumen menginginkan versi Windows bagi pemula.

Windows 7 Home Premium
Windows 7 Home Premium adalah salah satu pilihan yang direkomendasikan kepada konsumen, karena diklaim Microsoft bakal memberikan fungsi-fungsi yang lengkap. Versi ini, menurut Microsoft, memberikan pengalaman visual yang kaya, cocok untuk hiburan, juga memudahkan pengguna dalam melakukan koneksi dengan perangkat-perangkat lain.

Windows 7 Proffesional
Versi ini direkomendasikan bagi perusahaan skala kecil dan bagi orang yang bekerja di rumah tapi harus memiliki lingkungan bisnis di mana keamanan dan produktivitas sangat vital. Bagi yang telah menggunakan Windows Vista Business, menurut Microsoft, seharusnya akan ‘pindah’ ke versi ini.

Windows 7 Ultimate
Versi ini diperuntukkan bagi para penggemar komputer (PC enthusiast) yang menginginkan semua fitur-fitur Windows 7, termasuk fitur-fitur keamanan seperti BitLocker yang diberikan oleh Windows 7 edisi Enterprise.

Windows 7 Enterprise
Versi ini juga disediakan sebagai edisi Enterprise, untuk pelanggan tahunan Microsoft yang terikat Software Assurance agreement. Edisi ini tidak akan tersedia di pasar ritel atau di komputer baru pada kanal OEM. Ia meliputi berbagai fitur untuk bisnis seperti proteksi data, tool manajemen PC, dan fitur-fitur lain yang dirancang untuk mereduksi ongkos perusahaan.

Berikut ini adalah perbedaan mendasar WINDOWS 7 dengan versi sebelumnya :


  • Action Center, memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen
  • Aero Shake, Klik dan goyangkan satu jendela atau Windows yang sedang terbuka, maka program ataupun windows lainya yang berada di belakang akan secara otomatis ter-Minimize
  • Aero Snap, drag salah windows ke salah satu ujung desktop (atas, kiri atau kanan) maka secara otomatis Windows tersebut akan me-resize.
  • Aero Peek, Arahkan mouse anda ke ujung bawah sebelah kanan maka secara otomatis windows atau program yang sedang aktif akan menjadi transfaran sehingga anda bisa melihat gadget atau icon yang ada di desktop atau bisa juga dengan menekan tombol Windows+Space
  • Aero Templates dan Theme, kumpulan theme yang unik untuk Windows 7. Untuk mengakses dan menginstal Theme tersembunyi di Windows 7, silahkan ketikan pada kolom Search Program and Files di Star Menu “C:\Windows\Globalization\MCT” tanpa tanda kutip, dan sesuaikan drive C dengan lokasi instalasi Windows 7 anda. Disini kita bisa mendapatkan theme unik sesuai dengan lokasi wilayah yakni Australia, Kanada, Inggris,  sampai Afrika.
  • Device Stage, fungsinya untuk mempermudah kita melihat device apa saja yang tersambung ke laptop atau komputer kita, seperti bluetooth, kamera, printer, sampai kepada flashdisk ataupun kartu memori.
  • Gadgets, telah ada di Windows Vista namun di Windows 7 kali ini tidak ada lagi yang namanya Sidebar, itu artinya kita bisa meletakkan Gadgets dimana saja di desktop kita.
  • Home Group, memudahkan kita dengan cepat dan mudah membuat sebuah  home network antara dua komputer atau lebih mempergunakan Windows 7
  • Jump List, fitur cukup menarik, klik kanan pada sebuah  icon program di Taskbar dan anda bisa melihat daftar file-file yang pernah dibuka oleh program tersebut (recent file) sehingga memudahkan anda membuka sebuah file.
  • Libraries, sesuai namanya disini kita bisa dengan mudah mencari, mengorganisir file music, dokumen lainnya, foto sampai kepada video.
  • Location Aware Printing, sangat berguna terutama bila anda sering menggunakan laptop anda berpindah-pindah  tempat, misal di rumah, kantor ataupun warnet. Dengan adanya Location Aware Printing, Windows 7 akan mengingat printer sampai jaringan yang digunakan, sehingga ketika anda berada di rumah secara otomatis Windows 7 akan mempergunakan default printer yang ada di rumah, bila anda beralih ke kantor, Windows 7 pun akan secara otomatis mengingat printer yang di kantor.
  • Fungsi Play, klik kanan pada file musik (lagu)  lalu klik Play
  • Windows Media Player 12, kalau anda sering memainkan file berformat 3GP, jangan khawatir di Windows 7 anda tidak perlu menginstal program khusus untuk memutar file 3GP, sebab WMP 12 telah mendukung file tersebut.
  • Windows Touch, kalau anda punya laptop yang touchscreen maka Windows 7 telah mendukung fitur touchscreen tersebut.
  • Windows XP Mode, memungkinkan kita untuk menjalankan Sesi XP untuk program-program yang memang tidak kompetible dengan Windows 7

Windows Platform (in 32 Bit and 64 Bit)

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.

Sama seperti versi windows sebelumnya Windows 7 juga memiliki 2 platform yaitu Windows 7 32-bit dan Windows 7 64-bit. Lalu mana yang harus dipilih dan cocok dengan Laptop atau komputer yang anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit  dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.

Anda mungkin ingin menentukan apakah platform Windows sudah terinstal. Untuk memverifikasi bahwa Anda memiliki platform Windows, ikuti langkah-langkah ini:

Klik Mulai, klik kanan Komputer, kemudian klik Properti.

Sistem operasi muncul sebagai berikut:

Untuk sistem operasi versi 64-bit, “Sistem Operasi 64-bit” muncul untuk jenis sistem pada Sistem.

Untuk sistem operasi versi 32-bit, “Sistem Operasi 32-bit” muncul untuk jenis sistem pada Sistem.

Catatan
Microsoft Win32 mode menggunakan prosesor x86 dalam mode flat 32-bit. Oleh karena itu, sistem berbasis x86 berarti sistem operasi versi 32-bit.

Perbedaan utama antara Windows versi 32-bit dan Windows versi 64-bit berkaitan dengan aksesibilitas memori, manajemen memori, dan fitur keamanan yang meningkat. Fitur keamanan yang tersedia pada Windows versi 64-bit meliputi berikut:

  • Perlindungan Lintasan Kernel
  • Dukungan untuk Perlindungan Eksekusi Data (DEP) perangkat keras cadangan
  • Masuk pengandar perintah
  • Penghapusan dukungan untuk pengandar 32-bit
  • Penghapusan subsistem 16-bit

Salah satu keuntungan terbesar dengan menggunakan Windows versi 64-bit adalah kemampuannya untuk mengakses memori fisik (RAM) di atas kisaran 4-gigabyte (GB). Memori fisik tidak dapat dialamatkan oleh Windows versi 32-bit.
Tergantung pada versi Windows yang diinstal, Windows versi 64-bit mendukung mulai dari RAM 1 GB hingga RAM 128 GB. Kemampuan untuk mengalamatkan lebih banyak memori fisik membuat Windows meminimalkan waktu yang diperlukan untuk menukar proses masuk dan keluar dari memori fisik. Oleh karena itu, Windows dapat mengelola proses dengan lebih efisien. Fitur manajemen memori ini membantu meningkatkan keseluruhan kinerja Windows.

Keuntungan jika Anda menginstal Windows Vista versi 64-bit

Meningkatkan dukungan memori melebihi ruang memori 4-GB yang dialamatkan yang tersedia dalam sistem operasi 32-bit. Meningkatkan kinerja program untuk program yang ditulis untuk mengambil manfaat dari sistem operasi 64-bit. Fitur keamanan yang meningkat.

Apa yang harus dipetimbangkan saat Anda menginstal Windows Vista versi 64-bit

  • Pengandar perangkat 64-bit tidak akan tersedia untuk satu atau lebih perangkat pada komputer.
  • Pengandar perangkat harus ditandai secara digital.
  • Pengandar perangkat 32-bit tidak didukung.
  • Program 32-bit mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan sistem operasi 64-bit.
  • Akan sulit untuk menempatkan program yang ditulis khusus untuk sistem operasi 64-bit.
  • Tidak semua perangkat keras kompatibel dengan Windows Vista versi 64-bit.

Perbedaan pokok antara Windows versi 32-bit dan Windows versi 64-bit

Arsitektur

Windows versi 32-bit

Windows, versi 64-bit

PERSYARATAN SISTEM prosesor 1-gigahertz (GHz) 32-bit (x86) atau prosesor 64-bit (x64), RAM 512 MB prosesor 1-GHz 64-bit (x64), RAM1 GB (disarankan 4 GB)
AKSES MEMORI Windows versi 32-bit mampu mengakses hingga RAM 4 GB. Windows versi 64-bit mampu mengakses mulai dari RAM 1 GB hingga lebih dari RAM 192 GB.
AKSES MEMORI PER EDISI Semua Windows versi 32-bit mampu mengakses hingga RAM 4 GB.
  • Starter: 8GB
  • Home Basic: 8GB
  • Home Premium: 16GB
  • Professional: 192GB
  • Enterprise: 192GB
DEP (Data Execution Prevention) Windows versi 32-bit menggunakan versi DEP berbasis perangkat lunak. Windows versi 64-bit mendukung DEP yang didukung perangkat keras.
PERLINDUNGAN LINTASAN KERNEL (PATCHGUARD) Fitur ini tidak tersedia pada Windows versi 32-bit. Fitur ini tidak tersedia pada Windows versi 64-bit. Perlindungan Lintasan Kernel membantu program berbahaya agar tidak memperbarui kernel Windows. Fitur ini bekerja dengan cara membantu mencegah pengandar mode kernel untuk memperluas atau menggantikan layanan kernel lainnya. Dan juga, fitur ini membantu mencegah program pihak ketiga agar tidak memperbarui (melintasi) bagian kernel manapun.
PENANDAAN PENGANDAR Pengandar yang belum ditandai dapat digunakan dengan Windows versi 32-bit. Windows versi 64-bit memerlukan semua pengandar perangkat harus ditandai secara digital oleh pengembang.
DUKUNGAN PENGANDAR 32-BIT Windows versi 32-bit mendukung pengandar 32-bit yang dirancang untuk Windows. Windows versi 64-bit tidak mendukung pengandar perangkat 32-bit.
DUKUNGAN PROGRAM 16-BIT Windows versi 32-bit mendukung program 16-bit, sebagian. Windows versi 64-bit tidak mendukung program 16-bit.

Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai perbedaan antara 64-Bit dan 32-Bit

>> Apa sih keuntungan menjalankan Windows 7 64-bit  dibandingkan Windows 7 32-bit?
Jika anda sering bekerja dengan ukuran file yang besar-besar  dan memakan memori yang banyak (misal video editing) tentu saja Windows 7 64-bit akan menjadi pilihan yang terbaik karena akan memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows 7 32-bit. Seperti kita ketahui Windows 7 64-bit telah mensupport  memori sampai 192GB, sedangkan Windows 7 32-bit hanya 4GB untuk performa maksimum.  Keuntungan lain dari Windows 7 64-bit adalah dari segi keamanan, lebih aman dibandingkan Windows 7 32-bit, karena driver Windows 7 64-bit harus benar-benar tersertifikasi oleh vendor si pembuat hardware, jadi sangat sulit untuk disusupi oleh program jahat.

>> Apakah Laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 7 64-bit?
Kalau anda baru membeli komputer sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 7 62-bit, Kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows 7 versi 64-bit. Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program  Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows 7 64-bit  atau  tidak.

>> Bagaimana dengan Hardware lainnya misal Soundcard atau LAN Card?
Lihat tahun pembuatan dari hardware anda, apabila dibuat setelah adanya Windows Vista (3 tahun ke belakang) maka sudah bisa dipastikan hardware memang telah support Windows 7 64-bit, namun jika hardware yang anda pakai dibuat pada tahun-tahun sebelum Windows Vista hadir (misal tahun 2004 ke bawah), anda baiknya anda cek website dan vendor si pembuat hardware tersebut untuk mengetahui ada tidaknya driver untuk mensupport Windows 7 64-bit.

>> Lalu bagaimana bila saya telah terlanjur menginstal Windows 7 64-bit sedangkan driver dari hardware yang saya miliki untuk Windows 7 32-bit?
Jangan kuatir dengan menggunakan Windows XP Mode (Virtual Mechine) di Windows 7  anda bisa menggunakan driver Windows 7 32-bit meski komputer anda telah terinstal Windows 7 64-bit

>> Bisakah saya menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit?
Dengan adanya teknologi WOW alias Win 32 on Win64 di Windows 7 tentu saja anda masih bisa menjalankan program Windows 32-bit di Windows 7 64-bit

>> Apakah bisa mengupgrade Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit?

TIDAK. Untuk menginstall Windows 7 64-bit dari Windows 7 32-bit anda harus melakukan Installasi penuh alias tidak bisa mengupgrade langsung Windows 7 32-bit ke Windows 7 64-bit.

>>Dapatkah program 32-bit berjalan pada sistem operasi 64-bit?

Banyak program yang bisa berjalan, tetapi program 32-bit akan berjalan lebih lambat di sistem operasi 64-bit dan driver 32-bit tidak bisa berjalan pada sistem operasi 64-bit

>>Dapatkah progam 64-bit berjalan pada sistem operasi 32-bit?

Semua program 64-bit tidak dapat berjalan pada sistem operasi 32-bit. Begitu pula driver-drivernya. Tidak bisa berjalan.

EOF

About these ads
    • rangga
    • January 19th, 2011

    gimana kalau udah terlanjur install windows 7 64 bit di laptop dengan RAM 1GB dan processor dual core?
    mohon dibales ya :D

    • Gak ada masalah Mas..
      tp kan kalau memory nya >3GB baru harus pake yg 64Bit, biar bisa kebaca, soalnya yg 32Bit cuman bisa baca s/d 3GB
      Thx udah mampir

    • fricepero
    • January 26th, 2011

    perlu memeriksa:)

    • Seep…Nti kalau ada yg perlu diperbaiki, dikabarin ya Pak.
      Thanks

    • nooryono mohd
    • February 19th, 2011

    laptop sy asus,pake proc. i5,,,sy instal wind7 tp terinstall 32 bit,,,pdhl di box cd 64 bit,,,knapa ya??,,apa salah saat intalnya ya??,,bales ya thks,,,,,

    • Setahu saya kalau install windows yg ori, hal ini gak mungkin terjadi.
      Tapi kalau pake yg oprekan / bajakan dianya ada pilihan 32/64 bit pada saat install.
      Kemungkinan salah pilih sebelumnya Pak.

    • Alam
    • March 12th, 2011

    Ada yang tau ga Printer type apa yang suport dengan win7 64 bit?
    juga ada scannernya..

    • coba chek di LINK INI Mas..
      dianya kalau dibilang support windows 7, itu sdh termasuk WIN 7 64 Bit.
      Soale saya chek di driver downloadnya sudah ada driver untukyg 64-bit

    • bayu
    • October 26th, 2011

    sy lg tertarik dg fujitsu LH531, tapi kok banyak keterangan bhw fujitsu tidak ada update driver utk windows7 32 bit. Apakah artinya tdk bs di instal dg windows 7? klo tdk bs, berarti hanya bs di install dg windows sebelum win 7,spt win xp dll nya?jadi bingung, apakah itu laptop nantinya bs bekerja maksimal mohon pencerahannya, terimakasih.

    • Untuk beberapa kasus sich untuk drivernya langsung bisa naik, saya kmaren coba pada acer 5583 nWXi diubek2 di website acer tidak ada driver untuk win 7 32 bit, tapi setelah di install ternyata hampir semua drivernya naik, dan untuk beberapa diinstall pake yg dari win xpnya.

    • Prem La Seraphim
    • October 4th, 2012

    Salam kenal, bro. Aq mo nanya nih.
    Laptop Acer Aspire 4732z mendukung gak buat w7 64bit?

    • saya pernah test, bisa kok. dan kalau dilihat dari webnya :

      http://support.acer.com/acerpanam/notebook/2009/acer/aspire/Aspire4732Z/Aspire4732Zsp2.shtml

      Processor1 Intel® Pentium® processor T4400 (1 MB L2 cache, 2.20 GHz, 800 MHz FSB, 35 W), supporting Intel® 64 architecture
      Intel® Pentium® processor T4300 (1 MB L2 cache, 2.10 GHz, 800 MHz FSB, 35 W), supporting Intel® 64 architecture
      Intel® Pentium® processor T4200 (1 MB L2 cache, 2.00 GHz, 800 MHz FSB, 35 W), supporting Intel® 64 architecture

      semua arsitekturnya 64-bit

    • SIPIL
    • January 1st, 2013

    pak saya mau nanya? karna mau kuganti dari 64-bit ke 32-bit apakah bisa, saya punya leptop asus notbook pc type X401U

    • Bisa saja Pak, akan tetapi untuk drivernya harus donlod lagi dari website asusnya, dikarenakan untuk seri tsb yg di bundle dalam CD Driver dari asus adalah untuk Windows 7 32-bit.n dapat diambil dari WEBSITE INI
      Semoga dapat membantu, terima kasih.

    • didi
    • March 27th, 2013

    laptop saya win 7 dan bit’a 64 bit, misal kalau dari 64 bit ganti 32 bit, apa itu baik buat komputer,,,

    • Sebenarnya sich gak ada masalah, akan tetapi CD driver notebook anda yg support 64-bit biasanya tidak support ke 32-bit, jd harus download lagi dari website vendornya.

    • supri yatno
    • May 1st, 2013

    mas. saya mau tanya laptop sy acer aspire 4732z. bisa gk di instal ke win 7 64-bit.. dan kebetulan laptop tsb sy pke kerja di kantor untuk aplikasi GDO ( aplikasi gaji pegawai ) apakah setelah di instal windows 7 64-bit nantinya tdak berpengaruh pada aplikasi tsb..mohon pencerahannya terma ksh.

    • Saya punya pengalaman kmaren dengan program2 yg tidak compatible dengan WIN 64 Bit dikarenakan driver utk generate program tsb memakai system 32-bit, jadi untuk 64-bit harus di reinstall lg driver2 pendukungnya, biasanya programer/ IT support bisa reupdate(dan kita kena marah2 dulu :).
      Kalau saran saya sich Pak sebaiknya gak usah di update ke 64-bit kalau tidak terlalu signifikan kegunaanya.
      Semoga membantu.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: